4/15/2018

Cara Edit data Profile VIN Lengkap Dan Mudah-Lemsarnet

Bagaimana Cara Mengedit VIN LPK

Salam Sukses Selalu kepada para Pemula Pendiri Lembaga atau yang baru mendirikan lembaga dan baru mendapatkan Nomor VIN. 
Pada artikel ini saya akan sedikit mengulas  tentang Cara Edit Data Profile VIN Lengkap dan Mudah, Karena pengalaman saya waktu pertama kali mendapat Nomor VIN setiap hari dibuka karena ingin tahu isinya, kemudian saya arahkan staf admin untuk mempelajarinya apabila ada perubahan-perubahan dan perkembangan lembaga.
Cara Edit data Profile VIN Lengkap dan Mudah, Logo VIN


Arti Nomor VIN

VIN adalah singkatan dari Vocational Identification Number yaitu sebuah nomor untuk mengidentifikasikan sebuah lembaga pelatihan kerja yang telah terdaftar di Direktorat Bina Kelembagaan Pelatihan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas.


Penomoran VIN terdiri dari susunan 9 angka yang masing-masing mempunyai arti. 
Berikut ini adalah contoh nomor VIN dari  LPK Hikmah Jaya yang berlokasi di Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur. 

Nomor VIN : 35.02.2.0443

Arti dari nomor VIN tersebut adalah sebagai berikut : 

     35       : KODE PROVINSI JAWA TIMUR. 

     02       : KODE KABUPATEN PONOROGO. 

       2       : LPK SWASTA. 

    0443   : NO. URUT PER PROVINSI


Tujuan adanya Nomor VIN 

VIN ini ditujukan agar setiap lembaga memiliki panduan untuk melakukan registrasi melalui website https://www.lemsar.net sebagai situs resminya.
Tujuan dilaksanakan registrasi VIN untuk LPK Swasta secara online antara lain ; 

  1. Memudahkan Direktorat Bina Kelembagaan Pelatihan dalam hal perencanaan program, anggaran, pola pembinaan dan dukungan operasional kepada LPK Swasta
  2. Memudahkan Dinas Tenaga Kerja di setiap Provinsi atau Kab/Kota untuk memantau lembaga pelatihan kerja di wilayahnya masing-masing baik data profil, foto termasuk masa perizinan penyelenggaraan pelatihan, apakah masih berlaku atau sudah kadaluarsa. 
  3. Memiliki data yang akurat tentang lembaga pelatihan kerja swasta yang valid, up to date dan realtime. 
  4. Memberikan kemudahan bagi pemerintah, organisasi, dan masyarakat untuk mengetahui, melakukan pengawasan terhadap lembaga pelatihan kerja secara tepat

Supaya lebih  jelas Tentang  Cara Edit Data Profile LPK  Lengkap Dan Mudah, silahkan anda baca Petunjuk Teknis Registrasi VIN pada situs resminya yaitu  DI SINI

Di situs resminya anda akan lebih banyak mengetahui tentang  panduan-panduan lainnya yang berhubungan dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).
Walaupun pada situs resminya ada penjelasan tentang Cara Edit Profile Lembaga pada halaman VIN, tidak ada salahnya saya ikut membahas tentang Cara Edit Data Profile LPK  Lengkap Dan Mudah , pengertiannya sama hanya judulnya saja berbeda sedikit.

Sekali lagi nomor  VIN ini sangat penting untuk yang serius mendirikan Lembaga Pelatihan agar data setiap Lembaga terdaftar di Pusat dan berarti lembaga kita diakui pemerintah, sehingga kita dapat mengajukan bantuan-bantuan yang di sediakan oleh pemerintah melalui Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. 

Baiklah akan saya jelaskan bagaimana Cara Edit Data Profile LPK Lengkap Dan Mudah, berikut ini:

1.Silahkan Anda buka Mbah Google dan ketikan lemsarnet  login atau klik tulisan ini www.lemsar.net, maka akan tampil layar baru seperti dibawah ini, dan  KLIK pada tulisan yang di beri Kotak warna merah (Klik salah satunya saja)


Cara Edit VIN Lengkap dan Mudah

2.Maka akan muncul Layar Seperti ini, lalu Klik Logo dengan Tulisan Lembaga Pelatihan Kerja Swasta, (Warna Logo berubah menjadi Merah),lalu  Klik ICON LOGIN di bawahnya.


Cara Edit VIN Lengkap dan Mudah

(Logo LPKS menjadi Berwarna Merah Setelah di KLIK),
Silahkan KLIK ICON LOGIN Yang Berwarna Biru
Cara Edit VIN Lengkap dan Mudah


maka akan tampil halaman LOGIN.
Cara Edit VIN Lengkap dan Mudah

3.Masukan Nama User Anda yang sudah di daftarkan pada waktu Registrasi VIN juga Paswordnya, lalu KLIK LOGIN.


LPK Anda belum Registrasi VIN...?
Baca Panduannya


4.Setelah Klik Login maka akan terbuka halaman Profile Lembaga seperti ini:

Cara Edit VIN Lengkap dan Mudah

karena kita akan Edit Profil maka Klik EDIT DATA LPK, Maka akan tampil Layar  seperti  ini:

Cara Edit VIN Lengkap dan Mudah


5.Silahkan di UPDate kolom yang akan di rubah atau di tambahkan, tinggal mengikuti petunjuknya saja, jangan takut salah dan apabila salah mengetik atau datanya belum lengkap anda tinggal Klik Tulisan KEMBALI yang ada di atas kiri halaman edit  atau Klik SIMPAN , dan nanti akan kembali untuk mengeditnya lagi. 
Cara Edit VIN Lengkap dan Mudah


6.Untuk UPLOAD Surat Ijijn dan NPWP ,silahkan Dokument yang di Perlukan di Scan dulu dengan Format JPG atau PDF dengan ukuran Maksimal 500kb  (NPWP bagian yang ada Nomornya saja) lalu simpan di Folder Hardisk Komputer Anda.

Kembali ke halaman Edit Profile pada Kolom UPLOAD Surat Ijin Lembaga dan NPWP silahkan klik Choose File (Pilih File) pada Upload Surat Ijin dan NPWP,  maka akan terbuka halaman Folder Anda > Cari Foto NPWP dan Surat Ijin  tadi > Klik File dan Klik OPEN  > Tunggu beberapa saat.


Cara Edit VIN Lengkap dan Mudah


Ada beberapa kolom yang tidak bisa di isi pada halaman Edit Profil, yaitu pada Kolom Akreditasi, Instruktur dan Tenaga Kepelatihan, Kejuruan dan Program Pelatihan, cara mengisinya silahkan anda KLIK TAB/ICON (Pegawai, Kejuruan, Data Peserta, dll) jadi pengisianya harus tersendiri pada Menu masing-masing yang ada pada Side Bar di atas (Tab Menu).

Cara Edit VIN Lengkap dan Mudah

Setelah semuanya di isi KLIK Simpan, maka akan muncul halaman yang sudah di edit dengan tulisan” LENGKAP” berwarna merah disamping Nomor VIN dan di atasnya ada tulisan berwarna merah juga “Data Berhasil Diperbarui”.

Cara Edit VIN Lengkap dan Mudah

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini yaitu Cara Edit Data Profile VIN Lengkap dan Mudah, semoga sedikit menambah wawasan anda dalam Meng UPDATE VIN, dan apabila artikel ini bermanfaat silahkan KLIK SUKA lalu sebarkan ke teman-teman anda yang baru mendirikan Lembaga terutama yang belum paham.

Terakhir silahkan anda berlangganan dengan Situs LPK Hikmah Jaya ini, dan mohon masukannya kira-kira artikel apalagi yang harus di Upload untuk selanjutnya khususnya seputar Lembaga Pelatihan Kerja baik dari Depnaker maupun dari Diknas.

Mohon maaf sebelumnya apabila dalam penyampaian artikel ini kurang dari sempurna untuk itu sekali lagi silahkan beri masukan-masukan pada kolom komentar di bawah.
Selamat Berjuang Kawan dan Salam Sukses Selalu 

4 comments:

  1. apakah VIN Lembaga harus diperbaharui setiap tahun ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sudah lama tidak ngurus blog ini, Vin tidak harus diganti, vin untuk seumur hidup, saya upload juga artikel Downnload semua Modul Kejuruan, syapa tau bermanfaat

      Delete
  2. terimakasih pak sudah di share step by step nya sejauh ini lengkap & detail pak untuk penjelasannya semoga berguna bagi yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Mohon maaf jika lambat membalas

BAGIKAN ARTIKEL INI KETEMAN ANDA